Setetes Darah Penyambung Nyawa – #BN2011

Hari kedua Kopdar 1000 Blogger Nusantara di Sidoarjo diisi oleh sesi-sesi yang menginspirasi, salah satunya oleh Valencia Randa a.k.a. @justsilly yang tampil segar di pagi itu. Mbak Silly (kagok gak sih gue manggil dengan nama itu?!) adalah seorang aktivis penggalang donor darah dan berperan sebagai pengantara di banyak kasus kebutuhan darah tipe langka di saat mendesak. Sebagai aktivis Blood For Life, peran Valencia umumnya berkutat pada sosialisasi donor darah dan membantu menghubungkan pasien dengan pendonor. Sesederhana itu yang tadinya saya pikir. Ngetweet, ngomong-ngomong di depan audience, selesai. SALAH BANGET!

Berangkat dari kepedulian terhadap seorang anak dari keluarga miskin yang membutuhkan pendonor darah, Valencia tergerak untuk membantu sesama melalui cara yang ia tahu: menyebarkan informasi. Bantuan yang ia berikan tidak sebatas menjadi pengantara donor darah; melalui penyebaran informasi itulah keluarga sang anak dibantu lebih jauh dalam perekonomian mereka. Lalu pada sesi tersebut hadir pula Pak Ivan yang pernah kesulitan mencari donor darah untuk istrinya yang ber-rhesus negatif.

Valencia Randa (foto dari indonesiakreatif.net)

Personal Encounter

Terus terang saya tidak mendapat banyak dari presentasi Valencia hari itu. Ini mungkin karena posisi saya yang jauh duduk di belakang dan terdistraksi oleh teman-teman blogger (alasan! elo aja yang gatel kopdar!) sehingga tidak menyimak yang dibahas di depan. Oleh karena sebuah kebetulan saya bisa duduk semeja dengan Valencia pada dua kali kesempatan makan pagi dan berbincang-bincang. Pada saat-saat itulah saya baru dapat menangkap passion yang terpancar dari wanita ini. Berawal dari keharusan mengantar ibunya cuci darah di tahun 2009, Valencia menyaksikan sendiri rumit dan mahalnya proses mendapatkan donor darah. Menangkap kebutuhan itu, Valencia mulai menulis di blog yang lama-lama mendapatkan atensi dari orang-orang dengan kepedulian yang sama. Komunitas yang berjumlah awal sekitar 130 orang itu berkomunikasi via milis yang akhirnya berkembang menjadi seperti sekarang. Mereka semua berasal dari wilayah dan latar belakang berbeda namun dengan kepedulian yang sama. Seringkali peran mereka sederhana: RT atau menyebarkan informasi kebutuhan donor kepada jaringannya masing-masing. Namun langkah sepele ini justru dapat menyelamatkan nyawa orang.

Selain itu Valencia juga membagikan pergumulannya ketika aktivitas Blood 4 Life meningkat sedangkan tuntutan pekerjaan tidak dapat dikompromi. Di tengah kondisi yang terjepit, Valencia akhirnya memutuskan berhenti dari perusahaan logistik tempatnya bekerja dan berkonsentrasi penuh sebagai social media activist dan bersosialisasi tentang pentingnya donor darah bagi laki-laki dan perempuan yang berguna bagi kesehatan mereka sendiri selain menolong orang banyak. Pilihan yang berat tersebut diambil dengan prinsip sederhana, “Tuhan akan bukakan jalan.” Meski pekerjaan yang sekarang mendatangkan uang pula, kadang penghasilan tersebut lewat begitu saja untuk menolong orang lain. Semua itu dijalani dengan ikhlas dengan prinsip sederhana lainnya, “Tuhan akan mencukupkan.”

Masih banyak yang Valencia katakan sewaktu kami makan pagi. Namun yang lebih seksama saya amati adalah gerak-gerik dan emosinya. Sincere, tulus, emosional namun terkontrol, dan yang terpenting: mampu mengajak orang tergerak dan bergerak. Layaklah bila Valencia saya juluki the passionate influencer yang menjalani perkataannya dengan penuh tanggung jawab. Ekspresi non-verbal itulah yang semakin menginspirasi saya untuk bergerak seperti prinsip yang selalu ia pegang dari ibundanya: “Kenapa bukan kamu yang berbuat sesuatu itu?!”

Bagaimana dengan Anda?!

26 Thoughts on “Setetes Darah Penyambung Nyawa – #BN2011

  1. *mojok* belum pernah berfikir sejauh itu dan belum pernah juga donor karena takut jarum :(

  2. masih kebayang yang kemaren di sun mbak silly mungkin masih belum mandi smpe sekarang :)

  3. Sukak deh cara om Brad bercerita kali ini, asik gitu.

    Mbak Silly emang bener2 perempuan menginspirasi!

  4. Wah jadi kepingin donor darah deh, tapi belum juga sampe sekarang #dikeplak
    Donor darah bareng yuk #caritemen

  5. hmmm, benar benar kegiatan mulia. Salut dengan beliau2 yang mendedikasikan dirinya untuk kegiatan sosial..

  6. @montoq payah ih.. masa sama jarum aja taut… :|
    @mas iman : ayo donoorr.. ku temani.. gak sakit kok.. beneran.. :D

  7. sekamar dengan mbak silly, kagum2 lihat cara hidupnya. komitmennya untuk jadi social media activist terutama untuk aktivitas blood for life memang patut jadi inspirasi. Benar-benar gak pernah lepas memantau timeline, sesedikit kali menelpon ke CP yang membutuhkan donor darah tertentu.

    salute pokoke :)

  8. Saya kadang jika sempat akan mengunjungi PMI untuk donor darah, ya kalau ingat juga :) .

  9. Nickname mbak valencia ini juga unik, just silly. Sesuatu yang humble. Saya dukung mbak silly dengan Blood4lifenya..

    saya pohbia jarum suntik, jadi agak2 gimana gitu. Pengen tapi setiap liat jarum suntik yang diteteskan oleh dokter/suster, selalu pengen nangis dan bergetar seluruh tubuh.. anehnya saya tak ngeri liat jarum biasa atau jarum pentul. Ngeri banget kalau liat jarum yang suntikannya ditariiik trus diteteskan.. hiii.. untung sejak SMA ga pernah ketemu lagi :( eh pernah deh pas masuk kuliah.. dan pas masuk RS, wuih saking takutnya, dokter suka ga ketemu dengan urat saya, tersembunyi.. dan pas masuk kul, donor darah, karena lengan saya ga isa diem, lari-lari, darah muncrat.. ngeri dah

    Selain itu saya phobia obat tetes mata (gak nyambung).

  10. materi ini bikin saya terharu…. inspiring story, apalagi pas si bapak cerita ttg isterinya…

  11. Saya sempat merinding bro mendengarkan cerita yang begitu menginspirasi yang dibawakan oleh sis Silly… Ngga salah memang jika google memilih dia sebagai bahan iklan… Inilah efek positif dari pemanfaatan situs sosial media….
    bro eser recently posted..Hari Ketiga Kopdar Blogger Nusantara

  12. Aku orangnya kurus, dan sampai sekarang takut untuk donor darah, sudah kurus donor darah lagi, mau jadi apa?
    tapi setelah dapat penjelasan dari Mbak Valencia, akhirnya saya ingin merasakan donor darah untuk pertama kalinya. konon katanya bisa menyebabkan gemuk. *impianku*
    Wahyu Alam recently posted..Di Balik Panggung #BN2011 Hari 2

  13. darah berkaitan dengan banyak hal… utamanya ketahanan pangan dan bagaimana mudahnya mencari makan hihihi
    suryaden recently posted..meningkatkan kecepatan, sinyal dan performa wireless

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge

Post Navigation