TEDxJakarta is back!

sumber: hqeem.wordpress.com

Banyak event bertebaran di Indonesia akhir-akhir ini yang selalu menarik dan inspiratif untuk disimak. Saya pernah bercerita panjang lebar tentang FreSh yang saya hadiri 2-3 kali meski sayangnya acara ini tidak terdengar kabarnya lagi. Atau kelas-kelas Akademi Berbagi yang juga memberi banyak pengetahuan dan tantangan baru beserta para guru dan sukarelawannya yang sama-sama menginspirasi. Apalagi ya? Cukup banyak acara yang saya hadiri dan kesemuanya berperan besar dalam membentuk diri dan tulisan saya seperti sekarang.

Namun dari kesemuanya itu, ada satu event yang masih membuat saya penasaran karena belum pernah hadir sekalipun. Bukannya gak ada waktu, namun justru pendaftarannya yang super-ketat. Pernah sekali saya mendaftar namun ditolak karena sepertinya essay saya kurang menarik (yup, untuk ikut meetup doang mesti bikin essay). Kali berikutnya saya kalah cepat karena halaman pendaftaran online langsung terisi penuh hanya dalam waktu 45 menit sejak dibukanya. Tahun ini malah lebih gila lagi; 2 menit pertama langsung SOLD OUT! Namun akhirnya setelah 2 kali mencoba mendaftar dan sempat kebingungan akibat server yang down, pada akhirnya email konfirmasi kehadiran saya tiba juga. Yes, I’m going to TEDxJakarta 2012!

Namun apa sebenarnya TEDxJakarta itu? Berawal di tahun 1984, TED adalah ajang konferensi yang menghadirkan para praktisi dan pakar serta peminat dari tiga macam dunia: Technology, Entertainment, & Design. Dari situlah muncul nama TED. Ajang ini sendiri diadakan dua kali setahun bertempat di Long Beach / Palm Springs pada musim semi, dan Edinburgh di musim panas. Tujuan utama ajang ini adalah menyebarkan ide dan informasi yang berharga dan menginspirasi ke seluruh dunia secara terbuka dan gratis. Sederetan pembicara top pernah berdiri di panggung TED, mulai dari Bill Clinton sampai Al Gore. Nah, selain kedua ajang internasional tadi, gerakan penyebaran ide inspiratif ini juga menggema di skala lokal melalui TEDx. Apa pula itu TEDx (pakai ‘eks’)? Saksikan video singkat berikut ini:

Nah, TEDxJakarta tahun ini akan diadakan pada Minggu 1 April mendatang meski lokasinya masih menunggu pengumuman resmi. Kehadirannya disambut gegap-gempita, dibuktikan dengan membludaknya para pendaftar online sehingga layanan pendaftarannya down akibat trafik yang tinggi. Ingin tau suasana seperti apa yang ada di TEDxJakarta tahun lalu? Simak lagi yuk videonya berikut ini:

Bagaimana, sudah cukup terinspirasi? Oh well, saya belum pernah menghadirinya namun sudah keburu menghasilkan tulisan sepanjang ini. Maksudnya cuma ingin mengabarkan bahwa saya sudah tidak sabar menghadiri acara tersebut pada hari Minggu nanti. Nantilah saya bagi-bagi cerita lagi sepulangnya dari sana ya.

Cuma satu kekuatiran saya: acara TEDxJakarta tersebut kebetulan bertepatan dengan April Mop! >.<

23 Thoughts on “TEDxJakarta is back!

  1. Acara yang menarik Pak, hanya saja waktunya bertepatan dengan April Mop dengan situasi keadaan yang belum menentu. Jadi saya hanya menunggu kabar hasil liputan para sahabat netter yang akan menuliskannya dalam blog.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog

  2. ditunggu reportnya om brad :D acaranya keknya seru…. #nonton2VideoDiatas
    randa saputra recently posted..The Billionaire – Film Buat Yang Mau Berbisnis

  3. ehem..
    saya pernah lho tampil di TEDx..hihihi
    cuma, sayangnya waktu itu sya belum ngeh betapa hebatnya TEDx itu, makanya tampilnya asal2an..
    doh..
    nyesel kalo ingat lagi..
    iPul dg. Gassing recently posted..Geliat Cakar di Sudut Kota Makassar

  4. Pembicara TEDx Jakarta yg menginspirasi aku banget itu Kang Emil ( Ridwan Kamil ), itu juga aku liatnya di youtube. Ditambah lg nonton video nya Jubing Kristianto di atas yg aku koleksi CD nya, ini pasti acara yg full inspiration ya, Brad…bersyukur dirimu bisa hadir di sana besok. Ditunggu ceritanya ya…;)

  5. sepertinya keren acaranya.
    cuman ada di Jakarta yaa -__-
    Triunt recently posted..Kunjungi Jawa Tengah 2013, Lebih dari Sekedar Bersahabat

  6. saya pernah terpukau dengan TEDx Bandung pada tahun lalu, suka sama pembicaranya sih karena, yaitu ketika yang berbicara pak @rahard @robymuhamad dan @larasatita kalau ngga salah :)

    nunggu share dari mas brad :)
    jarwadi recently posted..Wishing Sweet Moment Last Longer

  7. Baca posting aja udah bikin aku “ngeces”, apalagi ikut acaranya. Ditunggu share dari hasil mengikuti acara yang keren ini. Gak sabar nih…
    Alris recently posted..Nostalgia

  8. Awal mula mendengar acara TEDx ini dari teman-teman tumblr yg berdomisili di Bandung. Mereka dengan hebohnya memosting acara ini, dan ga sedikit dari mereka yang gagal mendaftar. Heheh

    Yah, webnya ga bisa di buka, kak :(

    Pengen ikutan
    Aditya Eka P recently posted..Vegetarian : Ini Aksiku! Untuk Menyambut Earth Hour 2012. Kamu?

  9. Di Surabaya gak ada TEDx yaa
    FYI aja sih :D
    Rusa recently posted..Kenalan dengan Mangrove Center Tuban

  10. Pingback: Tertawa dan Menangis di TEDxJakarta | indobrad.web.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge

Post Navigation