Memasang Target di Semester Baru

Bulan Juli sudah hampir berakhir yang berarti sudah lebih dari setengah tahun 2012 kita lewati. Masih ingatkah kita dengan resolusi awal tahun di bulan Januari lalu? Kemudian bagi anak-anak sekolah, bulan ini mereka kembali ke kelas setelah menjalani libur kenaikan kelas atau kelulusan. Di awal semester dan tahun ajaran baru ini pastilah ada harapan yang ditabur, bukan? Saya lalu mengajak siswa-siswa saya mengobrol.

Dari pembicaraan hangat yang berlangsung sore itu, terungkap bahwa siswa-siswa saya yang rata-rata duduk di kelas terakhir SMP dan SMA belum banyak memikirkan target jangka pendek, apalagi jangka panjang. Sebagai contoh, sangat mudah jika kita bertanya kepada seorang anak kecil, mau jadi apa mereka setelah besar nanti. “Pilot, dokter, insinyur, tentara, pramugrari,” adalah jawaban standar yang keluar dari mulut mereka. Tak mengapa, toh pekerjaan itu mereka anggap glamor dan patut diraih. Namun ajukanlah pertanyaan yang sama kepada anak SMP dan SMA, maka balasan yang mereka tunjukkan hanya diam, bengong, berpikir lama-lama sebelum kemudian menggelengkan kepala. Miris. :(  Oleh karena itulah pertanyaan-pertanyaan berikut seolah menjadi wajib saya ajukan setiap kali ada kesempatan:

Nanti setelah lulus SMA kamu ingin belajar apa? Masuk ke universitas mana?

Untuk masuk ke jurusan itu, kira-kira mata pelajaran apa yang mesti diperkuat sekarang?

Saya percaya bahwa dengan menciptakan kondisi sedemikian, anak-anak saya dapat berpikir lebih panjang dan bukannya melewati hari demi hari di sekolah menatap hasil ulangan demi ulangan. Perluasan wawasan ini butuh waktu yang tidak pendek, namun jika tidak kita mulai dari sekarang, kapan lagi? Maka diskusi sore itu berlangsung hangat dan para siswa mulai merinci apa-apa saja yang ingin mereka capai di semester ini. Saya akan bagikan beberapa di antaranya. Tulisan-tulisan ini berbahasa Inggris, jadi harap maklum ya. :D

Yvonne, 14 years old, grade 9

- Graduate

- Get higher score in the national exam and be successful

Yvette, 16 years old, grade 11

- Get at least the third rank in class

- Send my novel to a publisher (!)

- Become the leader of cinematography club in my student body

Nigel, 16 years old, grade 11

- Study hard to go to the university without having to pass the entrance exam

- Keep praying and getting closer to God

- Make as many friends as I can

- Become a doctor like my two sisters

Trudy, 16 years old, grade 11

- Get the minimum score of 85 in every subject

- Improve my photography skill so I can join the school photography activities

- Befriend all my new classmates

- Find scholarships from other countries

Sarah, 16 years old, grade 11

- Get better score and rank

- Be more mature

- Be taller

- Lose weight

- Be healthier

- Publish my fanfiction / join FF competition

- Improve the relationship with my dad

- Buy a necklace with my own savings

Menakjubkan sekali, bukan?! Adik-adik kita ini telah belajar berpikir tentang masa depan mereka sendiri dan mengambil langkah-langkah seperlunya untuk mencapainya. Ada yang jelas-jelas sudah menyatakan keinginannya menjadi wartawan, ada yang ingin menjadi dokter, psikolog, dan ahli biologi. Bedanya: dahulu mereka hanya bermimpi, sekarang mereka bermimpi, bangun, mandi air dingin, lalu pergi berjuang di sekolah!

Ngomong-ngomong, sudahkah Anda memeriksa kembali resolusi awal tahun ini? :D

===

Sumber gambar: Reader to Reader

12 Thoughts on “Memasang Target di Semester Baru

  1. wah ngena banget nih, segera buka lembaran catetan target di awal tahun 2012 :)

  2. gak bikin resolusi, jadi gak ada yang perlu diperiksa, alhamdulillah :D

    resolusi om brad sendiri gimana kabarnya? :P

  3. Wow, ada yang bikin fanfiction :D .
    Target-targetnya nggak muluk-muluk yah, keliatannya bisa tercapai semua. Pelajaran.

  4. Ngomong-ngomong, sudahkah Anda memeriksa kembali resolusi awal tahun ini?

    sudah kak, rasanya mau nangis. tapi, ada bahagianya. kalau dilibaca lagi, mau nangis lagi. hahaha. :lol:

    semoga targetmu tercapai, kak.

  5. tahun ini malah nda punya resolusi apa2, LOL
    apa org seperti sy bisa dibilang nda punya arah hidup?

  6. pasang target, siap merencanakan.
    gagal merencanakan = merencanakan kegagalan.

    salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge

Post Navigation